Monday 4 October 2010

cinta = segitiga


nope..!!
gw ga salah tulis..
ini bukan tulisan tentang cinta segitiga, tapi cinta yang sebenarnya berbentuk segitiga..

humm..
barusan gw baca blognya kezia charissa, salah satu sohib dari medan.. dan di blognya itu, dia nulis tentang sama siapa kita seharusnya menjalin hubungan yang lebih dari sekedar teman, alias pacaran..
nah.. dari tulisannya itu, ada 1 kalimat yang udah nabok gw teramat sangat.. ini gw quote..
"cari pasangan itu tujuannya untuk bisa sama sama cinta Kristus lebih dalem lagi"

dan setelah gw baca selesai, gw keinget lagi sama kata2nya temen gw juga, melita sumitro a.k.a. si nona kecil..
obrolan ini udah terjadi lama banget.. lebih dari setahun yang lalu..
isi obrolan gw ama dia tuh begini kira2..

nona kecil (nk): "relationship itu bentuknya kaya segitiga, dengan Tuhan sebagai puncak segitiganya dan kita adalah kaki2 segitiga itu.."
gw: "hubungannya?"
nk: "kalo kedua pihak terus mendekatkan diri ke Tuhan, otomatis mereka bakal deket dengan sendirinya.."
gw: "mantabh! bener juga kamu! hahahaha"

yok kita ngomongin hal ini lebih detail lagi..
kita bahas pake sedikit geometri dari pelajaran matematika.. =)

coba liat segitiga di bawah ini..
ada 3 dots disana.. warna merah, biru dan hijau..
anggep yang biru itu kita, yang merah itu pasangan kita, dan yang hijau itu TUHAN..
nah, kalo yang biru bergerak ke arah yang hijau, dan yang merah juga bergerak mendekat ke hijau, maka otomatis, sadar ga sadar, mau ga mau, merah dan biru akan mendekat juga..

nah, secara geometri, segitiga ini bakal sempurna kalau kalo jarak dari biru ke hijau (a) sama ama jarak dari merah ke hijau (d) dengan catatan bahwa sudut yang terbentuk antara biru-hijau-merah adalah 60° yang berarti kasih dari TUHAN adalah seimbang ke kedua pihak..

nah.. ngomongin tentang kasih yang seimbang, disinilah masuk perihal agama, lebih tepatnya lagi: SEAGAMA..
kalo biru dan merah ga seagama, maka titik puncak di atas ga bakalan sama, sehingga ga bakalan ada sudut 60°..
kenapa? karena kalo konsep tetang TUHANnya aja udah ga sama, maka kasih dari TUHANnya juga ga bakalan sama..
sampe sini, masih bisa diterima??


trus, lanjut ke masalah jarak.. antara a dan d..
gw bilang tadi, segitiga itu bakalan sempurna kalo jarak a sama dengan jarak d dan sudut yang terbentuk di pusatnya yang warna hijau adalah 60°..
so, punya konsep TUHAN yang sama juga ga menjamin sempurnanya segitiga relationship itu..
nahh.. dari sinilah kita baru bisa ngomongin tentang pasangan yang sepadan..

"Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." Kejadian 2:18

yang dimaksud sepadan disini bukan masalah tentang status sosial aja..
tapi juga semua bibit, bebet dan bobotnya kedua pihak (aku dan dia) harus sepadan..
bibit: asal usul keluarga, sifat2 bawaan lahirnya..
bebet: perilaku, lingkungan sosial..
bobot: pengetahuan, pendidikan, iman..
semua hal yang gw tulis di atas harus sepadan.. dan itulah yang bakalan nentuin jarak a dan d..


naahh...
selain unsur2 a, d dan sudut 60° tadi, ada satu unsur yang ga kalah pentingnya: arah panah..
kaya yang udah gw bilang tadi, kalo yang biru bergerak ke arah yang hijau, dan yang merah juga bergerak mendekat ke hijau, maka otomatis, sadar ga sadar, mau ga mau, merah dan biru akan mendekat juga..
itu berarti hal sebaliknya juga berlaku, yaitu kalo salah satu pihak menjauh dari TUHAN, maka jarak antara biru dan merah juga bakal menjauh..
dan lebih parahnya lagi, kalo kedua pihak menjauh dari TUHAN, otomatis, mau ga mau, sadar ga sadar, mereka berdua juga bakal saling menjauh.. trust me on this!

so... kurang lebih itu aja yang pengen gw kasih tau kali ini..
yang bisa dan cocok jadi jodoh kita adalah orang yang sepadan dengan kita yang percaya dengan Tuhan yang sama..
dan kedua pihak, aku dan dia, harus terus mendekat ke TUHAN supaya kita berdua bisa saling mendekat secara otomatis..


selesai, terima kasih.. =)

No comments: