Friday 28 August 2009

Find Your Happiness


great!
karena dari kemaren gw dah mutusin buat nulis tentang kesuksesan dan kebahagiaan hari ini, dan barusan gw ngeliat ada temen gw yang nulis tentang kesuksesan di blognya..

kali ini, gw berani bilang kalo setiap orang punya pandangan sendiri2 tentang apa itu kesuksesan..
setiap pertanyaan "Apa itu sukses?" diutarakan, jawaban yang keluar pasti bakal beda2..

ada yang bilang, "sukses adalah kalo gw punya banyak duit.."
ada yang bilang, "sukses adalah kalo gw udah jadi bos dan bisa bikin usaha sendiri.."
ada yang bilang, "sukses adalah kalo gw punya keluarga yang harmonis.."
ada yang bilang, "sukses adalah kalo nilai gw A+ semua.."
dan ada juga yang bilang, "sukses adalah muda foya2, tua kaya raya, mati masuk surga.."

yep, semua orang punya jawaban mereka masing2 tentang apa itu kesuksesan..
dan gw yakin, lo yang baca juga udah punya jawaban sendiri kalo pertanyaan "Apa itu sukses?" itu gw tanyain ke lo sekarang..

gini..
gw mo tulis beberapa kalimat yang menurut gw bener..
dan kalian yang menilai sendiri, bener salahnya kalimat gw itu..

"Sukses adalah kondisi dimana seseorang berhasil mencapai target yang sudah ditetapkannya sendiri."

"Bahagia adalah apa yang dirasakan seseorang ketika dia sudah mencapai kesuksesannya."

humm..

setiap orang pasti ingin bahagia, betul?!
setiap orang pasti ingin mendapatkan kebahagiaannya, betul?!
dan setiap orang pasti ingin sukses, betul?!
nah, menurut gw, kebahagiaan itu bisa didapatkan kalo kita sudah sukses menurut standard dan target kita sendiri..
dan bukan menurut standard dan target yang ditetapkan oleh orang lain..


kaya yang udah gw tulis di atas, setiap orang punya kebahagiaannya masing2 karena mereka punya pendapat mereka masing2 tentang apa itu kesuksesan..

buat orang2 yang ngomong, "sukses adalah kalo gw punya banyak duit..", mungkin mereka bakal bahagia kalo duit mereka banyak, kalo rekening bank mereka sudah lebih dari 10 digit..

buat orang2 yang ngomong, "sukses adalah kalo gw udah jadi bos dan bisa bikin usaha sendiri..", mungkin mereka bakal bahagia kalo mereka udah punya perusahaan gede yang akhirnya bekerja buat mereka..

buat orang2 yang ngomong, "sukses adalah kalo gw punya keluarga yang harmonis..", mungkin mereka bakal bahagia kalo mereka bisa tinggal di rumah tanpa teriak2, tanpa amarah, dimana tiap pagi mereka bisa sarapan bareng dan tiap malem dinner bareng sama keluarganya..

buat orang2 yang ngomong, "sukses adalah kalo nilai gw A+ semua..", mungkin mereka bener2 bahagia kalo liat transkrip nilai mereka isinya tiada lain tiada bukan cuma terdiri dari satu huruf buat semua pelajaran, A.. dan mungkin mereka ga suka bekerja, karena mereka ga bakal dapet nilai A di pekerjaan..

dan buat orang2 yang ngomong, "sukses adalah muda foya2, tua kaya raya, mati masuk surga..", mungkin mereka lagi mimpi di siang bolong..

nah, maksud gw disini adalah, setiap orang itu punya hak untuk milih apa yang terbaik buat diri mereka sendiri..
karena toh mereka sendiri yang tau apa yang bisa bikin mereka bisa sukses dan akhirnya bahagia..
dan hidup juga cuma sekali.. apa lagi yang kita cari selama hidup ini selain kebahagiaan?!


so, jangan pernah menilai orang lain atas apa yang mereka perbuat..
jangan pernah bilang seseorang itu jelek atau baik atas apa yang mereka pilih..
mereka punya pilihan mereka.. karena manusia sudah diciptakan untuk bisa memilih yang mereka anggap baik..

nah, pertanyaan yang perlu kita tanya ke diri kita masing2 sekarang adalah, apakah kebahagiaan yang kita inginkan atas kesuksesan kita itu bisa bertahan cukup lama?
atau cuma kebahagiaan yang sesaat, yang bisa berubah saat nanti kita sudah punya target kesuksesan yang berbeda lagi?


cuma kita yang tau jawabannya..

No comments: