Wednesday 22 July 2009

DOA = MEGAZORD


yeah! ngeblog lagi!
masih dalam rangka liburan, so gw masih punya banyak waktu buat mikir, buat ngerenung dan buat nulis blog..
dan barusan, waktu gw lagi mandi, gw diingetin lagi satu hal tentang doa..

minggu kemaren, di gereja gw, pendeta suryano dari surabaya khotbah tentang doa..
well, benernya tentang miracle sih.. tapii.. miracle kan harus diminta pake doa..
jadi, gw anggep aja khotbah kemaren itu tentang doa.. hehehe..

nah, di khotbah hari minggu itu, gw ditabok..
dibilang kalo jaman sekarang ini orang2 udah ga naroh doa sebagai cara pertama dalam menghadapi masalah..
yeah, mereka naroh doa sebagai cara terakhir.. kalo udah mentok ga bisa ngapa2in baru doa..

di kamar mandi tadi, gw jadi ngebayangin pelem power rangers..
siapa yang ga tau power rangers?
mereka terdiri dari 5 personil.. dan masing2 mereka punya robot sendiri2 yang bisa digabunging jadi robot yang gede banget dan kuat banget.. yang namanya megazord..
biasanya, setiap kali mereka ketemu musuh, mereka bakal bertarung sebagai manusia dulu..
trus abis itu, musuhnya bakal masuk ke robot mereka, trus mereka bakal bertarung pake megazord..
trus baru pake jurus terakhir buat ngabisin itu musuhnya..

sama juga ceritanya sama ksatria baja hitam..
kalo dia ketemu musuh, dia juga bakal bertarung dulu sebagai manusia..
kalo dah ga kuat sebagai manusia, dia baru bakal berubah..
setelah berubah pun, dia masih bertarung ga pake kekuatan maksimal..
tunggu bener2 terdesak, barulah dia keluarin itu jurus pukulan maut, tendangan maut dan pedang mataharinya..
baru itu musuh mati..

sama juga sama ultraman..
tiap kali ketemu monster, dia bakal simpen itu jurus paling saktinya..
tunggu sampe lampu di dadanya kedap kedip, baru dia keluarin jurus saktinya..
trus, dia menang deh..

nahh..

kita juga gitu sebenernya..

sadar ga sadar, tiap kita ngadepin masalah, kita bakal bertindak kaya superheroes2 itu..
coba2 pake kekuatan sendiri dulu.. baru, setelah kita dah ga kuat lagi atau ga bisa lagi pake kekuatan sendiri, kita berdoa minta bantuan Tuhan..
yeah, Tuhan itu jurus terakhir kita..

humm..

pernah ga mikir, kenapa mereka superheroes itu kaga pake kekuatan paling sakti mereka di depan2 aja..
jadi, pas baru ketemu musuh, langsung pake jurus paling saktinya..
pasti musuhnya langsung mati kan?
ga perlu usaha capek2..
ga perlu nunggu lampu kedap kedip dulu..
trus sisa waktu dari setengah jam yang dijatahin bisa dibikin buat iklan deh.. =P

dan itu juga yang harus kita praktekin..
kenapa nggak, tiap kali kita ketemu masalah, kita langsung keluarin jurus paling sakti kita? yaitu doa..
kenapa kita harus berusaha mati2an dulu, capek2 dulu, buang2 tenaga, buang2 waktu yang mungkin percuma, toh ujung2nya kita bakal berdoa juga..
mending dari awal kita udah berdoa, sambil ngerjain apa yang bisa kita kerjain.. dan ga usah maksain sampe capek2..

nah.. selama mandi tadi, gw baru kepikiran jawaban dari pertanyaan2 kenapa gw tadi..
kenapa kita pake doa sebagai senjata pamungkas yang baru kita keluarin pas kita udah ga bisa ngapa2in lagi?
jawabannya adalah karena kita sombong..
supaya kalo kita bisa nyelesaiin masalah kita tanpa doa, kita bisa sombong.. bukan sama manusia doang, tapi juga sama Tuhan..
kurang ajar memang..

kita masih terlalu sombong buat bener2 berserah, minta tolong sama Tuhan tiap kali kita punya masalah..
dan tanpa kita sadar, kesombongan kita itu malah bikin kita capek, karena kita bakal coba terus dan terus sampe tenaga kita abis..

well..
bener banget kalo lo bilang, kita harus berusaha dulu, baru Tuhan bakal campur tangan.. gw setuju banget..
yang gw maksud disini juga bukannya kita berdoa doang tanpa berusaha..
karena Tuhan bilang juga, iman tanpa perbuatan sama aja bohong.. ga guna..
dan yang gw mau disini adalah kita langsung berdoa dulu tiap kita punya masalah..
minta Tuhan bantu, trus kita kerjain apa yang bisa kita kerjain..

hummm..
gw juga belom bisa sepenuhnya kaya gitu sih.. gw juga masih belajar..
gw juga masih belajar buat ngilangin kesombongan gw itu.. buat nyadarin diri gw sendiri, kalo sebenernya gw tuh ga bisa apa2 kalo ga karena Tuhan..

so guys, yok kita coba sama2 buat pake jurus ultimate kita di awal2..
daripada kita capek2 karena kita sombong.. betul?

stay blessed.. =)

No comments: