Monday 4 February 2008

duh..

pada pernah nonton Ichi Rittoru No Namida kan?
atau bahasa Inggrisnya, One Litre Of Tears..
atau di film ala Indonya, Buku Harian Nayla..
pernah kan?

gw dulu nonton itu film, jujur, ampe nangis2 beneran.. nangis bombay kalo kata orang..
bener2 ampe netesin aer mata.. becek.. banjir malah..

buat yang ga pernah nonton, intinya tuh film cerita tentang gimana perjuangan seorang anak cewe yang difonis kena penyakit yang jarang banget ada di dunia.. (gw lupa nama penyakitnya)
penyakit itu bikin otak si anak makin lama makin mengecil, dan fungsinya makin lama, makin ga berfungsi..
awalnya dia ga bisa jaga keseimbangan, trus mulai sering kegigit lidah sendiri kalo lagi makan, trus mulai lumpuh.. gagap, bisu, sampe akhirnya dia cuma bisa baring di atas kasur.. cuma bisa gerakin tangannya ke atas dan ke bawah..

tadinya gw mikir, apa beneran ada ya penyakit yang gitu?
gimana rasanya ya? pasti sakit banget..
dan ngeliat perjuangan si Aya-one'-chan di film itu, gw jadi bener2 salute sama orang yang kaya dia..
kalo gw bandingin dengan gw sendiri, atau kalo gw taroh posisi gw di tempat mereka, sebagai seorang penderita penyakit itu, dan udah di fonis ga bakal idup lama lagi, dan sakitnya ga bisa disembuhin, atau gw tau kalo gw bakal ngerasa sakit yang teramat sangat selama proses gw menghadapi penyakit itu kalopun bisa sembuh, gw jamin, gw ga bakal sekuat itu..
(wong baru putus cinta aja udah rasanya mo bunuh diri?!) huehehehe..

nah, sayangnya yang gw liat itu di film.. jadi gw ga sebegitu terseponanya sampe harus teringet2 sama itu film..

sementara gw udah mulai lupa tentang Ichi Rittoru No Namida dan pemeran Aya-one'-channya yang cakep (Erika Sawajiri), minggu kemaren gw kembali diingetin tentang betapa bersyukurnya seharusnya gw karena sekarang gw bisa duduk, berdiri, makan, minum, dan narik nafas panjang setelah gw bangun dari tidur gw, gw masih dikasih kehidupan dan kesehatan..

hari minggu kemaren, gw diajakin sama temen gw ke rumah sakit NUH.. di sana ada temen dan sodara dari surabaya yang lagi sakit.. 2 orang.. dengan penyakit yang sama, KANKER TULANG..

gw yang sebenernya udah tau tentang mereka berdua sejak sekitar 2 atau 3 minggu lalu, baru sempet ngejenguk, ngunjungin, pas hari minggu kemaren.. bukan karena gw ga mau, atau gw ga sempet juga, tapi karena ada satu dan beberapa hal..

n guess what, yang jadi pasiennya adalah seorang anak berusia 11 tahun, dan seorang anak lain yang berusia 13 tahun.. sebut aja yang umurnya 11 tahun itu L, yang 13 tahun itu M..
mereka difonis kena penyakit kanker tulang yang berawal atau nyerang mulai dari daerah dengkul mereka.. akibatnya mereka sering kesakitan kalo jalan, atau pas itu sel kanker tiba2 aktif..

gw yang dateng ke NUH ngejenguk L sama M, bener2 ampe gimana gitu.. hati gw tiba2 terenyuh ngeliat L sama M yang sama2 cewe itu senyum aja waktu ditanya2in.. yah, mereka mungkin ga nganggep penyakit mereka itu parah kali ya... secara anak seumuran mereka masih belum gitu ngerti tentang istilah2 kedokteran dan penyakit2 yang parah itu gimana aja..
yang gw liat dari orang tuanya, justru orang tuanya yang bener2 khawatir..

dan selama gw ngejenguk mereka, tiba2 aja gw kepikiran sesuatu.. keinget tentang masa lalu gw dulu..
waktu gw seumuran mereka, itu jaman2nya gw kena sakit yang bisa dibilang parah..
pernah kena demam berdarah ama tipes..
jadi kepikiran, apa emang anak2 umur segitu lagi rawan2nya kena penyakit ya?

hmm.. hari ini mereka di kemoterapi buat yang pertama kali..
denger2 dari orang2 sih, katanya kemo tuh sakit banget ya?
trus, kata kakak gw yang suster bagian kemo juga, katanya mereka ampe 5 jam gitu darah ngalir keluar masuk badan mereka, trus ga bisa gerak gitu.. kadang ampe muntah2 juga..
duh, sakit banget tuh pasti ya?

semangat ya adek2ku.. Tuhan pasti bisa sembuhin sakitnya kok.. banyak doa, makan, minum juga..

get well soon.. God bless you.. ^^

No comments: