Friday 3 February 2012

MEMBERI dan RASA CUKUP


woy cuy! hahaha
selamat membaca blog gue lagi! updated again! =D

kali ini gue mau ngebagiin sesuatu yang udah lama banget pengen gue bagiin..
cuma.. karena satu dan berbagai hal, gue selalu mengurungkan niat gue untuk nulis..
maklum, orang ENFP emang suka tergantung mood.. =P

so, yeah.. inspirasi gue kali ini masih tetep dari kejadian sehari2 gue, masih tetep dari apa yang udah gue jalanin di hidup gue..
dan ditambah lagi sama influence dari beberapa orang terdekat gue.. khususnya satu makhluk spesial ciptaan Tuhan yang gue kenal mulai tanggal 25 Agustus 2010 yang lalu..

orang yang satu ini emang ga pernah berhenti ngajarin gue banyak hal..
bahkan dia udah lebih dulu ngerjain apa yang selalu pengen gue kerjain..
dan gue bisa ngerti lebih banyak tentang mimpi2 dan masa depan gue dari setiap pengalaman dia..

postingan kali ini bakal ngebahas tentang MEMBERI dan RASA CUKUP..

beberapa waktu yang lalu, gue sempet ditanyain sama nyokap gue.. dan pertanyaan yang sama itu juga pernah ditanyain sama temen2 gue yang lain..
"Emang lo udah berkecukupan makanya lo ngasih-ngasih ke orang kaya gitu?"
dan kali ini, ijinin gue ngejawab pertanyaan itu secara terbuka di muka umum..

manusia, secara hakikatnya ga bakal pernah ngerasa cukup atas segala sesuatu..
dan manusia, secara hakikatnya ga jauh beda sama yang namanya Black Hole, satu lubang yang akan menghisap semua hal, apapun itu yang masuk ke dalamnya.. ga peduli seberapa besar, seberapa banyak dan seberapa mewahnya itu..

tapi manusia juga diciptakan dengan hati nurani, diciptakan dengan otak, diciptakan dengan akhlak yang bisa diperbaiki dan diperbaharui hari demi hari..
manusia diberi kesempatan untuk belajar juga kemampuan untuk berpikir dan mengendalikan semua keinginan dirinya..
dan itu yang membuat kita menjadi makhluk ciptaan yang mulia..


ada hubungan yang erat antara perbuatan MEMBERI dan RASA CUKUP dalam diri manusia..
seseorang yang tidak merasa cukup tidak akan mampu memberi..
layaknya botol yang berlubang besar dimana setiap air yang masuk tidak akan mampu memenuhi botol itu, maka botol yang sama tidak akan bisa dipakai untuk memenuhi gelas2 yang perlu diisi..
kira2 begitu logikanya..


so, pertanyaan berikutnya adalah, "Kapan kita akan merasa cukup dan akhirnya bisa memberi untuk orang lain?"

here's the fact!

We don't give when we start to say that we've had enough.
We say that we've had enough when we start giving.

mulailah untuk memberi apa yang bisa kau beri.. mulailah untuk memberi dari hal2 terkecil yang mungkin tanpa kau sadari kau sudah memiliki banyak..
dan mulailah merasakan cukup saat kau memberi setiap hal kecil itu..

karena setiap kali kita memberikan sesuatu dari diri kita, memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain, secara tidak langsung kita berkata "saya sudah cukup"..
dan setiap kali kita memberi kepada orang lain yang lebih membutuhkan dari kita, itu berarti kita bersyukur karena Tuhan sudah terlebih dahulu memberikan apa yang menjadi kebutuhan kita..


so friends, kali ini gue mau kita buat sama2 inget lagi.. bahwa setiap berkat yang sudah tercurah atas hidup kita itu baru akan berguna saat kita mengalirkannya lagi ke orang lain sehingga orang lain juga akan diberkati oleh kehadiran dan hidup kita..

stay blessed to be a blessing!

=)

No comments: