Friday, 16 November 2012

apa pantes gue jadi pelayan?



barusan beberapa menit lalu, gue kelar milih2 lagu buat pelayanan hari minggu..
dan bukan kebetulan, ada pergumulan khusus selama beberapa bulan terakhir ini..
pergumulan yang sebenernya dialami oleh semua orang Kristen yang mau melayani Dia..

gue lagi bosen, dan gue lagi mikir ulang..
gue lagi mikir lagi, buat apa sebenernya gue pelayanan..
dan gue lagi mau ngelurusin lagi tujuan awalnya gue melayani Dia..

frankly speaking, ada kalanya gue ngerasa capek sama pelayanan gue..
ga usah sok kuat, ga usah sok ga ada masalah, gue juga pernah ngalamin waktu2 dimana gue agak males berurusan sama yang namanya pelayanan..
but then, gue diingetin lagi..

beberapa minggu lalu, gue ditabok sama satu pernyataan temen gue waktu lagi miting..
"Tuhan ga butuh lo kok! lo ga mau melayani juga Dia tetep Tuhan.. lo ga ada juga, Dia masih bisa pake orang lain.."
dan waktu itu kayanya gue baru buka mata lagi.. seolah2 gue baru bangun dari tidur gue..
MATA HATI GUE BARU KEBUKA LEBAR!

seringkali setiap gue pelayanan, gue ngelakuinnya karena gue ngerasa gue mampu..
seringkali setiap gue pelayanan, gue ga perlu minta kekuatan dari Dia lagi..
gue anggep, gue emang pantes.. gue anggep, emang sudah sepantesnya gue dipake..
dan ternyata gue salah..

temen gue yang lain lagi pernah bilang hal yang kurang lebih sama..
"ga ada yang pantes, bro! gue ga pantes, lo juga ga pantes.. cuma karena Dia bilang kita pantes, barulah kita pantes buat melayani.."

yep, ga peduli sehebat apa sebenernya permainan musik kita, ga peduli sebagus apa suara kita, ga peduli seganteng apa kita dan selebar apa senyum kita, bahkan ga peduli sekaya apapun kita, sebenernya kita ga bakal pernah pantes buat jadi pelayan Tuhan..

setiap dosa sekecil apapun udah cukup buat bikin kita ga pantes buat menghadap Dia yang kudus..

trus, apa yang bikin kita pantes?

DIA

Dia yang udah mati buat kita, Dia yang udah hapus semua dosa kita, baik itu yang kita sadar atau ga sadar, baik itu yang udah kita perbuat atau yang bakal terjadi di depan sana, Dia udah hapus itu semua..
Dia udah bayar upah dosa itu dengan dirinya sendiri..
Dia udah tuker kematian kita sama kehidupan yang baru..
dan Dia udah lebih dulu HABIS-HABISAN dan GA ITUNG-ITUNGAN sama kita..

dan seharusnya, di sinilah bedanya orang Kristen sama yang lain..

mereka yang sudah ditebus, berbuat baik bukan karena upah..
mereka yang sudah selamat, berbuat baik bukan karena pengen dapat tempat di surga..
mereka yang sudah dikasihi, berbuat baik bukan karena ingin diterima..

justru karena dosa2 kita sudah diampuni, maka kita mengampuni..
justru karena kita sudah menerima berkat, maka kita memberkati..
justru karena Dia baik, maka kita pun berbuat yang sama..

nah, balik lagi tentang pelayanan..

gue cuma mau ngajak kita mikir sama2..

apa pantes kalo kita masih itung2an sama Tuhan, sedangkan Dia udah lebih dulu ga itung2an sama kita?

apa pantes kita setengah2 sama Tuhan, sedangkan Dia udah ngasih abis2an buat kita?

kalo emang Dia udah pilih gue buat jadi pelayanNya, apa pantes gue maen2?

kalo ternyata buat bikin gue layak dan pantes buat berdiri di hadapan tahta kemuliaanNya dengan mati di kayu salib, apa pantes kalo gue ngelayani dengan setengah hati?

dan kalo emang talenta yang gue punya itu adalah dari Dia, apa pantes gue nyuri kemuliaanNya dalam pelayanan gue?

...

so, yeah, ayo kita jawab pertanyaan itu di dalam hati kita masing2..

semoga dengan begini gue, kita semua bisa belajar buat ngasih yang terbaik buat Dia..

=)

1 comment:

belthsazar said...

thanks bro. kadang emang ada beberapa pandangan lo yang gw gak setuju. tapi cara lo ngungkapin pandangan lo ttg Kekristenan bikin gw tersadar lagi akan jati diri gw. thanks..