Thursday 13 September 2012

good guy is good



ada satu tulisan yang bikin gue gelisah hari ini..

"berbuat kebaikan bisa menghapus keburukan (dosa)"

sebelum lo baca kelanjutan tulisan gue kali ini, gue pengen kita sama2 mikir sejenak..
apa bener kaya gitu? apa bener kalo berbuat kebaikan bisa menghapus keburukan (dosa)?

humm.. sebenernya ada beberapa hal yang jadi pertanyaan gue setiap kali gue denger orang ngomong "berbuat kebaikan bisa menghapus keburukan (dosa)"..
dan gue mau ngebahas pertanyaan2 gue itu dan kemungkinan jawabannya.. well, jawabannya adalah jawaban gue sendiri berdasarkan hasil pikiran gue sendiri.. so, kalo lo punya jawaban sendiri atas pertanyaan2 gue di bawah ini, monggo tulis di comment.. =)

1. Apa maksud dari kata "menghapus" di kalimat itu?

ada 2 arti yang bisa gue tangkep dari kata "menghapus" itu..
yang pertama, perbuatan baik berfungsi sebagai penghapus layaknya penghapus karet yang kita pake kalo ada tulisan pensil kita yang salah.. dan menurut gue, makna ini kurang cocok..
urusan dosa itu ga sesimpel tulisan pensil di atas kertas.. it's more than that..
so, it comes to the second meaning.. buat gue, makna yang lebih cocok adalah makna "menghapus" layaknya kita menghapus hutang yang kita punya.. karena sebenernya kalo kita berdosa, itu berarti kita sudah merugikan orang lain, dan kita berhutang terhadap orang tersebut.. well, kalopun bukan berhutang terhadap orang tersebut, kita berhutang dengan Beliau yang ada di atas sana..

2. Gimana caranya kita ngukur keburukan atau dosa yang sudah kita perbuat?

I don't know with you guys, but for me, I can't measure the size or amount of sins I have done..
gue ga tau dengan satuan apa gue bisa ngukur kejahatan2 dan dosa2 yang pernah gue perbuat..
entah lo mau nganggep "menghapus" itu dengan makna pertama atau kedua, kalo emang perbuatan baik bisa "menghapus" perbuatan buruk kita, maka kita harus bisa menyesuaikan jumlah atau ukuran perbuatan baik kita dengan ukuran perbuatan buruk dan dosa kita..
dan buat gue, gue ga tau gimana caranya ngukur perbuatan buruk dan dosa..

3. Kalopun kita bisa ngukur apakah satuan ukurannya sama untuk semua jenis dosa?

apa satuan ukuran buat dosa gara2 nonton bokep? apakah diitung per menit? per detik? atau per jumlah video yang kita tonton?
apa satuan ukuran buat dosa berbohong? apakah 1 satuan per bohong? atau tergantung dari jumlah orang yang dibohongi? atau tergantung berapa lama kita berbohong?
apa satuan ukuran buat dosa korupsi? apakah per 1 rupiah? atau per 1 juta? atau tergantung dari jumlah orang yang terlibat?
jujur, gue ga pernah ngerti apa satuan ukuran buat dosa..

4. Kalopun emang kita bisa ngapus perbuatan buruk dan dosa kita dengan perbuatan baik kita, berapa banyak perbuatan baik yang harus kita lakuin?

lagi2, gue ga tau gimana dengan kalian yang ngebaca.. gue sendiri yakin, kalo gue udah ngelakuin hal yang buruk jauh lebih sering dan jauh lebih banyak daripada perbuatan2 baik gue..
gue emang ga tau gimana ngukurnya, tapi buat gue, gue ngerasa kalo perbuatan2 baik gue ga bakal pernah bisa ngelunasin utang2 perbuatan buruk gue..

....

buat gue, ga ada ceritanya perbuatan baik bisa ngehapus perbuatan buruk yang sudah pernah kita perbuat..
no matter how hard you try, once you sin, you yourself will not be able to pay for it..

kalo ada seorang suami sudah menghianati istrinya dengan cara berselingkuh, dengan cara apa dia bisa bayar kesalahannya itu?
apakah perbuatan baik dalam bentuk membelikan kado atau hadiah bisa bikin istrinya ngelupain kesalahannya?

kalo ada penjahat membunuh salah satu anggota keluarga lo, dengan cara apa dia bisa bayar kesalahannya?
apakah perbuatan baik dalam bentuk ngebeliin peti mati atau kiriman bunga ucapan bela sungkawa dari orang itu bisa bikin lo ngelupain kejahatannya?

sama kasusnya sama yang dilakuin sama banyak orang yang bikin rusak dunia ini..
mereka yang korupsi itu mikir, bahwa dengan bersedekah mereka bisa menghapus dosa korupsi mereka.. tidak tahukah mereka bahwa korupsi mereka itu sudah merugikan jauh lebih banyak orang yang diuntungkan oleh sedekah mereka yang ga seberapa?

guys..

gue bukannya mau menggurui atau mau sok suci lewat tulisan ini.. tapi, gue mau ngajak kita sama2 punya pandangan yang bener terhadap perbuatan baik dan perbuatan buruk..

kita berbuat baik bukan karena kita mau ngebayar hutang karena perbuatan jahat kita di masa lampau..
seharusnya, kita berbuat baik karena emang sudah sepantasnya kita berbuat baik..


matahari bersinar siang hari bukan karena dia mau bayar utangnya karena semalem dia ga bersinar.. dia bersinar karena emang dia bersinar..
justru kalo dia ga bersinar, itu berarti ada yang aneh sama si matahari..


well, emang bener kalo manusia itu sudah dari sononya mudah jatuh dalam dosa..
tapi kita juga punya hati nurani.. kita juga punya Tuhan..
dan seharusnya, kita bisa milih antara mau ngelakuin perbuatan baik atau perbuatan jahat..

so, in conclusion, tugas kita tuh cuma satu: berbuat baik karena kita emang seharusnya berbuat baik dan sebisa mungkin jangan berbuat yang jahat..
urusan menghapus dosa yang udah kadung lewat, biarin Tuhan yang ngehapus semuanya.. kita cuma perlu minta maaf dengan hati dan jangan mengulangi lagi, dosa2 itu sudah dibayar lunas sama Dia yang punya semuanya..


good guy is good..
he's being good not to pay for his own sin..
he's being good because He is good..

for better future.. =)

No comments: